• PDF

Equinox

Penilaian Pengunjung: / 1
TerjelekTerbaik 
  • Sabtu, 18 April 2009 12:46
  • Ditulis oleh Jonathan Goeij
  • Sudah dibaca: 1900 kali
Equinox adalah suatu waktu dimana matahari tepat berada diatas equator bumi. Pada saat ini siang dan malam hampir sama panjangnya diseluruh bumi, kata equinox sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti equal night. Kondisi equinox ini terjadi dua kali dalam setahun, pada bulan Maret sekitar tanggal 19-21 dan bulan September tanggal 22 atau 23. Equinox pada bulan Maret menandai awal musim semi (spring) sedang equinox pada bulan September merupakan awal musim gugur (autumn).

Sepanjang jalan mulai banyak bertebaran daun-daun yang berguguran, bunga-bunga warna warni disepanjang jalan sudah mulai rontok, bunga-bunga yang seharusnya indah dipandang tetapi terabaikan dari pandangan mata pada saat mereka mekar dengan indahnya, dan kini bunga-bunga itu rontok dengan tanpa banyak diketahui orang keberadaannya dan mungkin hanya menjadi perhatian tukang sweping jalanan karena mendapat tambahan pekerjaan.

Di California gonjang ganjing pemilihan Gubernur makin meriah, pesta demokrasi ini makin mendekati masa-masa penentuan. Dari sekian banyak calon Gubernur yang mencapai lebih dari 150 calon, sudah bisa dipastikan lebih dari 150 orang pula yang akan gugur karena hanya ada satu pemenang. Dan berbeda dengan pemilihan presiden yang membutuhkan suara 50%+1 maka pada pemilihan Gubernur ini sudah cukup sah bila ada calon yang mendapatkan suara 15% saja, dan calon yang mendapatkan suara terbanyaklah yang akan menjadi Gubernur.

Gubernur Gray Davis berang pada Arnold Swarzeneger karena mengatakan beliau seorang fail leader, pemimpin yang gagal, karenanya sang Gubernur menantang debate didepan publik yang tentu saja disiarkan televisi. Cruz Bustamante sicalon tunggal partai Demokrat mengatakan Arnold tidak hidup di California tetapi hidup di Planet Hollywood. Dalam iklan-iklan kampanyenya terlihat mantan presiden Bill Clinton yang tentu saja mendukung calon separtainya ini, seandainya Gray Davis gagal mempertahankan kedudukannya tentu saja calon dari partai Demokrat yang harus didukung.

Arnold Swarzeneger mendapat tambahan amunisi baru, Bill Simon yang tempo hari menjadi saingan Gray Davis dalam memperebutkan kursi Gubernur, sekarang mengendorse Arnold. Dari Partai Republik ada 2 orang calon yang maju, Arnold si Terminator dan senator Tom McClintock dari Thousand Oaks. Dan seandainya pada pemilihan nanti kedua orang ini maju bersamaan, maka sudah tentu suara dari pendukung partai Republik akan terpecah dua sehingga kelihatannya kemungkinan kalah akan besar karena suara partai Demokrat hanya ditujukan pada satu orang candidate saja, Cruz Bustamante. Karena itu kemungkinan salah seorang candidate partai Republik akan mengundurkan diri dan mengendorse calon yang lain. Arnold sebenarnya jauh dari conservative tetapi biar bagaimanapun tetap seorang Republik, daripada kursi Gubernur jatuh ketangan Demokrat kelihatan naga-naganya Republik akan mengendorse Arnold. Bila hal ini dilakukan kelihatannya kondisi equinox akan terjadi dan menang atau kalah hanya ditentukan dengan suara yang tipis saja.

Sementara di Pulau Gadung kisah yang memilukan sedang terjadi, Endang Sukarelawati dengan sukarela menjual anak kandungnya, Murti Anggraeni, begitu anak mungil nan cantik itu dilahirkan. "Saya menjual anak saya yang terakhir ini karena rasanya saya mau gila karena tak punya uang." Kata Endang seperti dikutip Suara Pembaruan, Endang menjual bayinya karena tidak punya uang membayar biaya bersalin dan juga tidak mampu memberi makan keempat anak yang lain sementara suaminya jarang memberi nafkah.

Tempo hari sibocah Heryanto mencoba bunuh diri hanya gara-gara tidak bisa beli bahan prakarya seharga Rp. 2,500.- atau senilai satu quarter dolar jumlah uang yang bahkan tidak cukup untuk membeli koran, sekarang sang ibu Endang dengan berat hati menjual simungil Murti Anggraeni juga karena tekanan kehidupan. Salah satu alasan Gray Davis akan di recall adalah selain karena budget defisit yang mencapai 38 billion dollar juga karena budget pendidikan yang di cut, biaya sekolah di college meroket dari 11 dolar perunit kredit menjadi 18 dolar, itupun setelah gelombang demokrasi yang menolak rencana kenaikan menjadi 24 dolar perunit kredit. Berbagai fasilitas sekolah dan kelas-kelas yang diselenggarakan dikurangi secara drastis dan pada semester ini sekitar 123,000 student terpaksa tidak bisa menikmati bangku sekolah. Sementara di Indonesia bahkan telah menelan banyak sekali korban tetapi para pejabatnya masih adem ayem saja.

Pemerintah dalam hal ini jelas tidak bisa diharapkan, sementara pihak gereja masih terlibat didalam perang doktrin yang tiada habisnya. Yesus berkata "…..ketika Aku lapar …. ketika Aku haus….. ketika Aku telanjang engkau memberiKu pakaian." Dan sekarang ada puluhan juta Yesus-Yesus yang lapar, haus, dan telanjang. Tetapi siapakah yang memberi makan, minum, dan pakaian?

Tempo hari Pak Yusak dalam kotbahnya mengambil tema tentang Yesus yang memberi makan 5000 orang, Yesus membuat mujijat adalah suatu hal yang biasa sama sekali tidak mengherankan. Tetapi yang mengherankan adalah kesediaan sianak kecil menyerahkan bekalnya, hanya 5 ketul roti dan 2 ekor ikan, dan mujijat terjadi karena ketulusan seorang anak kecil. 

Dan pada masa kini masih adakah mujijat seperti ini, masih adakah orang yang dengan tulus memberi seperti anak kecil itu………?

Jonathan Goeij, 300903

West Covina - California, USA
Komentar-komentar
Tambah Baru Cari
Tulis komentar
Nama:
Email:
 
Website:
Judul:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Masukkan kode anti-spam yang terbaca pada gambar di atas!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."