• PDF

Kenapa Sih Pelajarannya Tambah Susah??

Penilaian Pengunjung: / 4
TerjelekTerbaik 
  • Jumat, 24 April 2009 13:37
  • Ditulis oleh Grace Suryani
  • Sudah dibaca: 3707 kali

“Kenapa sih pelajarannya makin lama makin susah?? Dulu waktu kelas 1 kok gampang?”

Kalau saya mendengar pertanyaan-pertanyaan gitu, saya cuman geleng-geleng kepala en bilang, “Nak … nak … itu pertanyaan yang perlu ditanya kah?” *HUAAAA … lama-lama saya jadi kayak orang tua! Hehehehe.* Trus biasanya dengan sok bijaksana saya menerangkan kenapa pelajaran kita sekarang makin lama makin susah. Yah jelaslah!! Masak udeh belajar ampe integral, sin cos trus materi berikutnya belajar 1 + 1 = 2?!? Geblek ajee … Dalam hati saya mikir, “Ckckckck … anak zaman sekarang, ngga tau idup susah. Heh! Zaman saya duluuu …”

Tapi ternyata yang geblek itu sebenernya saya. Ketika di hidup saya, masalah tak berhenti, saya ngomel sama Tuhan. “Duh Tuhan tidak bisakah ada 1 bulan aja kagak ada masalah!??! Kenapa sih masalah dateng mulu. Udeh selesai satu masalah, datang lagi masalah laen!!”

Ok guys, coba bandingkan kalimat saya di atas dengan kalimat murid-murid saya. “Duh, Laoshi, tidak bisakah ada 1 bulan aja tanpa Pe-er?!?!?! Kenapa sih kasih Pe-er mulu!? Kan pe-er bab 7 udeh dibikin, kenapa mesti bikin latihan bab 8?!?!”

You see guys … sama aje kan? Saya mah kagak lebih pinter dari murid-murid saya. Kalo saya bilang murid saya suka males, saya benernya sama malesnya sama mereka. Kalo saya bilang murid-murid saya tidak punya semangat juang, lah saya kalo kerjanya juga ngomel mulu sama Tuhan, saya juga kagak punya semangat juang benernya! Ckckck. Like teacher, like students. Hahaha. Omelan saya ke Tuhan itu sama aja dengan omelan murid-murid saya. En kalo menurut saya pertanyaan murid-murid saya itu pertanyaan yang tidak perlu dipertanyakan, demikian juga pertanyaan saya ke Tuhan. :p Pertanyaan ngga mutu. Malahan kalo mo jujur ye, saya itu malah lebih parah dari murid-murid saya. Coz saya tau menasehati mereka (baca ngomelin), tapi ternyata saya sendiri juga begitu. :O

Guys, ketika masalah datang silih berganti ke dalam hidup kita, jia you. Ingatlah 1 hal. Tuhan tuh guru yang lebih baik dari saya (ya IYA LAAHHH … Tuhan gitu loh!). Nah kalo saya, guru yang rada-rada geblek aje kagak pernah merencanakan pengen ngeliat murid saya gagal, kagak pengen supaya murid saya benci pelajaran bahasa Mandarin, kagak pengen murid-murid saya stress stroke trus stop, apalagi Tuhan!

Tuhan tuh tidak pernah merencanakan supaya kita gagal. Rancangan Tuhan itu rancangan damai sejahtera! Btw kalimat di atas tuh diambil dari Yesaya pasal 29 yang diberi judul “Surat Kiriman kepada Orang-orang Buangan di Babel” So guys, perikop itu adalah tentang pernyataan dan janji Tuhan kepada orang Israel di PEMBUANGAN … Judul perikopnya bukan, “Surat Kiriman kepada Orang-orang Israel yang sedang Berlibur di Pantai Laut Merah”. Atau “Surat Kiriman kepada Orang Israel yang sedang Berpesta di Yerusalem.” Dan setelah surat itu dikirim, setelah Tuhan berjanji,apakah orang Israel langsung keluar dari Babel? Apakah mereka tiba-tiba menjadi bangsa yang kuat lalu mengalahkan orang Babel?

Nope. Mereka tetap jadi orang buangan selama puluhan tahun. Lah … mana rancangan damai sejahteranya?

Inilah kesalahan kita yang utama. Mengira bahwa rancangan damai sejahtera berarti jalan kita mulus lus lussss … berarti kita akan dapet jodoh yang guanteng pol, puiinter, buaeeekkk, keluarganya oke, asik, gaul, takut akan Tuhan, perfect dah. Rancangan damai sejahtera versi Tuhan tidak sedangkal itu guys. Rancangan damai sejahtera Tuhan tidak pernah berarti menyingkirkan semua penghalang yang ada.

Guys, mari kita berandai-andai, kalau kalian punya anak, akankah kalian memasukkan anak kalian ke sekolah yang ngga pernah ada ujian? Ngga pernah ada pe-er, pokoknya anak-anak tiap hari main mulu. Kagak ada disiplin. Mau?? Saya sih ogah. Jadi apa anak gue ntar?

Tuhan tau dan sangat mengerti, masalah perlu ada demi kebaikkan kita. Semua kita ngga jadi anak-anak gampangan tapi jadi anak Tuhan yang bisa membuat Tuhan tersenyum.

Guys, rancangan damai sejahtera versi Tuhan adalah bahwa apapun yang kita hadapi, damai sejahtera Tuhan selalu ada, Tuhan sendiri bersama dengan kita. Apabila kita kita berseru dan datang kepada-Nya maka Ia mendengarkan kita. Apabila kita mencari Dia, kita akan menemukan Dia (Yes 29:12-13).

So guys, ketika kita sadar dan mengerti Tuhan ingin supaya kita berhasil, berhasil mengatasi masalah hidup kita bersama dengan Dia, berhasil bangkit dari keterpurukan dan bersandar pada-Nya, kita tidak akan gentar melihat masalah. Kita tidak perlu ngomel kenapa ini begini … kenapa hidup saya makin hari makin susah? Masalah saya makin hari makin banyak. Kita bisa melihat Dia di dalam setiap masalah … dan melihat bahwa Ia berjalan bersama dengan kita.

Karena dengan Dia, kita adalah orang-orang yang lebih dari pemenang.

Jakarta, 19 September 2008

Tuhaaannn … nyam nyam … as usual … Tuhan kok dilawan. Aku bersyukur buat pekerjaanku, buat murid-muridku dengan segudang pertanyaannya dan tingkah polahnya. Yang kadang ngeselin, tapi juga ngangenin. Tuhan, makasih untuk kesempatan belajar mengenal-Mu lewat murid-muridku.

Komentar-komentar
Tambah Baru Cari
Anonymous   |125.163.248.xxx |28-07-2009 16:40:17
Keponakan saya br kelas 2 SD, tapi sdh hrs belajar hitungan yg di zaman saya,
pelajaran itu saya dapat SD kelas 6, hal yang paling lucu, saat teman keponakan
saya mengisi pertanyaan esai, pertanyaannya gempa bumi, banjir, tanah longsor
disebut juga?..dia menjawab tanda2 kiamat, mgkn kita tdk dpt menyalahkan program
pendidikan zaman skrg zaman makin berubah, tp alangkah baiknya kita sbgi org tua
tak lekas patah arang dan jgn lupa pertolongan TUHAN YESUS, diatas smua DIALAH
segala galanya.
Shely   |203.130.205.xxx |20-01-2010 05:03:00


ni hao... En Hui jie...
kesaksian yg sangat memberkatiku...
btw,
aku ini mahasiswa jurusan Sastra China.. ya belajar mandarin
makin lama makin bikin otak jelimet..
aku sangat terberkati juga
lewat buku TUHAN MENGAPA AKU HARUS KE CHINA.. semua temen-temenku termasuk
aku pingin banget ke China.. hehe..
sarah   |182.3.100.xxx |22-08-2011 05:09:32
sekarang lg hadapi soal2 susah.sngkin susahnya pengen nyerah aja.tp puji Tuhan
masih ada org2 yg Dia kirimkan utk menguatkanku.semoga a lolos ujian dan naik
kelas.
Tulis komentar
Nama:
Email:
 
Website:
Judul:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Masukkan kode anti-spam yang terbaca pada gambar di atas!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."