• PDF

Pilih Takut atau Percaya?

Penilaian Pengunjung: / 0
TerjelekTerbaik 
  • Selasa, 28 April 2009 00:43
  • Ditulis oleh Manati I. Zega
  • Sudah dibaca: 2011 kali
Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; (Mazmur 56:4)

Daud ketakutan luar biasa. Padahal, baru saja dia mengalahkan Goliat—tentara Filistin yang gagah perkasa itu. Nampaknya ini sesuatu yang kontradiktif. Tapi, inilah fakta. Ketakutannya berawal tatkala dia mengalahkan Goliat, dimana perempuan-perempuan Israel menyanyi berbalas-balasan. Mereka berkata: ”Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa” (1 Samuel 18:7b). Kalimat ini membangkitkan iri dan amarah Raja Saul.

Tatkala dikejar-kejar oleh Saul, akhirnya Daud melarikan diri karena sadar akan ancaman Saul yang
menyeramkan. Saul membunuh Daud bukan karena melakukan kriminal, tetapi justru karena melakukan kebajikan—membela kerajaan Saul. Tidak masuk akal jika Saul melakukan tindakan serendah itu. Sebagai Raja, seharusnya dia melindungi, membela dan berterimakasih kepada Daud. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya. 

Dalam pelariannya dari kejaran Saul, Daud sampai di kota Gat, yakni kota asal Goliat yang dibunuhnya. Dapat dibayangkan bagaimana reaksi penduduk kota tersebut. Tentu mereka sangat benci, jengkel dan berniat untuk membalasnya. Tidak heran jika di hadapan Akhis, raja kota Gat, Daud berpura-pura gila dan membiarkan ludahnya meleleh ke janggut. Hal ini dapat dipahami. Daud sedang berada dalam tekanan berat.

Apabila kita membaca Mazmur 56:4 ini, Daud mempunyai resep jitu untuk mengalahkan ketakutan. Resep itu adalah percaya Tuhan. Apa artinya percaya? Percaya berarti yakin tanpa ragu sedikitpun. Percaya berarti yakin tanpa berdebat. Percaya berarti membiarkan Tuhan melakukan apa yang dianggapnya baik.

Menghadapi banyak masalah. Janganlah takut. Percaya Allah resep mujarab mengalahkan ketakutan.


Surakarta, 20 Maret 2007.


--Manati I. Zega--
Komentar-komentar
Tambah Baru Cari
Tulis komentar
Nama:
Email:
 
Website:
Judul:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Masukkan kode anti-spam yang terbaca pada gambar di atas!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."