• PDF

Undo

Penilaian Pengunjung: / 0
TerjelekTerbaik 
  • Rabu, 29 April 2009 17:17
  • Ditulis oleh Pancha W. Yahya
  • Sudah dibaca: 1868 kali
Karena salah pencet papan tombol (keyboard) alhasil semua huruf yang telah diketik perempuan itu lenyap. Sontak ia pun menjerit, “Waduh… bagaimana ini? Semua yang telah saya ketik hilang!” Maklumlah ia sedang mempelajari peranti lunak Microsoft Word, sehingga kesalahan itu cukup membuatnya panik dan kaget. Saya – yang duluan memahami Microsoft Word dan kebetulan ada dalam ruangan yang sama dengan perempuan itu – segera menghampirinya. “Tenang, nggak usah panik! Click saja undo,” kata saya sembari menunjuk pada ikon panah ke arah kiri yang berwarna biru itu. Lalu, perempuan itu segera melakukan saran saya. Alhasil, semua kalimat yang menghilang kini muncul kembali. Tampilan layar monitor jadi persis seperti sebelum ia melakukan kesalahan. Sang perempuan pun tersenyum lebar seraya mengembuskan napas lega.

Ah, seandainya dalam hidup ini berlaku perintah undo, betapa indahnya! Sekali kita menekannya, wusss… segala akibat kesalahan kita pun tak ada lagi. Semua kembali seperti sediakala seperti kita tak pernah melakukan kesalahan apa pun. Seandainya kita salah berinvestasi lalu menghasilkan kerugian yang tak terkira. Jalankan saja perintah undo, dan semua uang kita pun kembali. Hmm… betapa nikmatnya! Atau saat kita mengambil keputusan dengan gegabah hingga membuahkan penyesalan seumur hidup, click-lah undo maka penyesalan itu pun hengkang dari hidup kita. Saat kita bicara seenaknya dan ucapan kita menyakiti para lawan bicara kita. Atau kita embuskan kabar bohong tentang seseorang, hingga menyebar bak endemi demam berdarah. Lalu kita sadar semua kekhilafan itu. Kita tekan undo, maka semua ujaran ngawur itu seperti tak pernah nongol dari mulut kita. Enak bukan?

Namun sayang ikon undo hanya ada dalam program komputer. Sedang yang berlaku dalam hidup ialah segala keputusan-tuturkata-perilaku kita selalu ada konsekuensi yang tak bisa kita hapus begitu saja. Keputusan yang salah akan membuahkan akibat-akibat yang fatal dan merugikan. Kabar bohong akan segera menyebar, dan tak bisa diralat lagi. Perilaku yang menyimpang akan merusak diri sendiri dan orang lain. Yang menabur keburukan akan menuai aib dan bencana. Dan kehidupan yang amburadul akan dikenang sepanjang masa. Tinggal sekarang apa yang sedang Anda ketik pada layar monitor kehidupan. Untaian “kata” yang indah, atau deretan “kalimat” yang buruk. Ingat, karena nggak ada perintah undo, hati-hatilah Anda “mengetik”! (Pancha W. Yahya)

Komentar-komentar
Tambah Baru Cari
gothsa  - apa FUNGSi undo   |180.247.217.xxx |27-09-2012 12:33:24
APA fungsi nya undo nie kok Gk ada Sich
Tulis komentar
Nama:
Email:
 
Website:
Judul:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Masukkan kode anti-spam yang terbaca pada gambar di atas!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."